Nuffnang Ads

Kalau Berani Klik Iklan Ni ...!

Apesal Widget

Friday, December 10, 2010

Sebuah Inspirasi


Waktu berlalu begitu cepatnya, detik-detik dalam kehidupan yang fana membuat perjalanan ini menjadi penuh akan aneka ragam ujian. Berbagai upaya kita lakukan untuk menyelesaikan ujian tersebut, tak pelak langkah demi langkah kita kerjakan dengan penuh akan kerja keras dan penuh akan strategi. Ibarat bidak catur yang kita mainkan dengan tatapan tajam sebuah konsentrasi karena lengah sedikit saja kita akan kalah dalam sebuah permainan asah otak tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana kita dapat mengolah strategi dalam permainan tersebut, ketika kita cerdik dan cermat dalam memainkan strategi maka kita adalah pemenangnya
. Begitulah dakwah ini, sedikit saja kita lengah maka yang terjadi adalah kita ditinggalkan mereka. Disinilah pentingnya mengatur strategi dakwah agar dapat tersampaikan kepada orang-orang yang membutuhkan kita. Setidaknya butuh 3 point untuk menjadi seorang pemenang, yaitu kemampuan, kemauan dan kesempatan.

Pada dasarnya kemampuan telah ada pada diri manusia, berbagai macam ujian yang Allah berikan menuntut kemampuan kita dalam mengoptimalkan sebuah kekuatan besar untuk di asah. Dalam diri kita ada sebuah potensi besar yang harus dikembangkan. Ketika kita dapat mengembangkan potensi ini maka berbagai macam rintangan hidup akan dilalui dengan penuh senyuman, tanpa mengeluh. Yang ada hanyalah bagaimana kita dapat melakukan yang terbaik untuk menjalani kehidupan yang fana ini. Maka bersyukurlah kita telah diberikan kehidupan oleh Allah dan berbahagialah ketika kita menjalani jalan ini.

Orang yang berbahagia adalah orang yang memiliki pandangan hidup yang luas, orang yang dapat mengoptimalkan kemampuan dengan kemauan untuk bekerja keras, belajar, menjalin ukhuwah antar sesama dan banyak hal lainnya. Kemauan yang kuat akan menambah point semangat dalam menjalani kehidupan ini. Ketika kita memiliki kemamuan maka akan timbul pada diri kita sebuah semangat yang besar dalam melaksanakan berbagai aktifitas dan akan dilakukannya dengan bersungguh-sungguh.

Kedua point diatas adalah sebuah kekuatan besar yang bila dilaksanakan akan menjadi sebuah kekuatan untuk langkah yang berat ini. Akan tetor kehidupanapi kemampuan dan kemauan saja tidak cukup bila tak ada kesempatan. Ya kesempatan memengaruhi faktor kehidupan ini. Bang napi mengatakan “kejahatan timbul bukan hanya karena niat saja tapi kesempatan yang dapat membuat orang menjadi jahat”. Kejahatan pun timbul ketika ada kesempatan, artinya ketika kita ingin menjadi pemenang dalam hidup ini kita harus cerdas dalam melihat kesempatan yang ada. Peluang sekecil apapun harus kita optimalkan sebaik mungkin. Jangan melihat dari kecilnya usaha kita tapi dari yang kecil inilah yang dapat membuat kita menjadi besar. Seorang Bob Sadino semasa dulu merupakan pedagang telur asin keliling tapi kita dapat lihat sekarang, Dia menjadi besar dan mempunyai karakter.

Kita tak tahu apa yang akan terjadi nanti, terpenting adalah bagaimana caranya agar kita menjadi seorang pemenang yaitu yang di idamkan semua orang. Optimalkan kemampuan, kemauan dan kesempatan yang kita miliki. Insyaallah kita akan menjadi seorang pemenang jika dapat mempersatukan 3 kekuatan tersebut. Kita mulai dari hal-hal yang mungkin menurut kita tak berarti apa-apa atau hal yang mungkin hanya sekedar iseng, hal yang dapat eratkan ukhuwah dan hal-hal yang tak kita duga sama sekali.

Contoh sehari-hari yang dapat kita ambil adalah facebook. Tak dapat dipungkiri semua orang mengenal facebook, sebuah situs pertemanan yang begitu digemari karena dapat menyatukan ukhuwah yang telah lama tak terjalin dengan indah. Jika kita pikirkan, dan resapi dalam-dalam serta memanfaatkannya untuk mengoptimalkan potensi, karena sebuah situs inilah secara tidak langsung memberikan kita kesempatan untuk menjadi pemenang. Hitung dan bayangkan berapa ratus juta orang meng-update status di facebook, entah setiap menit, setiap jam, ataupun setiap hari. Pernahkah terbayang oleh kita bahwa jika kita menyatukan hasil dari update status setiap hari akan timbul inspirasi-inspirasi yang akan menjadikan kita seorang penulis. Bermacam-macam kata-kata, kalimat bahkan sampai kata mutiara yang muncul dan kita baca dari setiap teman disertai rasa ingin berkomentar. Secara tak sadar kita menjadi penulis di facebook. Kesempatan besar untuk mengembangkan potensi kita, membuat hal-hal yang lebih bermanfaat bagi banyak orang yang dapat ditindak lanjuti dengan membuat karya-karya besar.

Dalam notes setiap teman dapat kita lihat dan baca, disana terdapat berbagi macam ilmu yang dapat kita pelajari, dapat kita petik hikmah, dan dapat kita ambil sebagi pelajaran hidup serta yang dapat memotivasi kita. Di dalam notes terdapat berbagai macam artikel-artikel pengetahuan, cerita yang dapat memotivasi hidup kita untuk tetap tegar, bersabar dan ikhlas, curahan hati yang dapat kita petik hikmah serta menjad sebuah pembelajaran hidup yang terjadi. Subhanallah indah rasanya jika dapat memaksimalkan setiap kesempatan yang ada.

Dalam pencarian teman kita dapat menambah teman, jaringan, bisnis dan yang terpenting adalah kita dapat mempererat ukhuwah antar sesama. Teringat akan sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim “tidaklah beriman seseorang sebelum ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri”. Sungguh indah rasanya diri ini dipertemukan dengan saudaranya dan betapa bahagianya diri ini ketika jalinan ukhuwah ini menjadi sebuah nilai positif untuk saling mengingatkan antar saudaranya.

Yakinlah bahwa dalam diri kita ada potensi besar yang jika dibiarkan akan mengganggu perjalanan panjang kehidupan ini. Maka dari itu mulai dari saat ini dan mulai dari yang kecil inilah kita manfaatkan peluang apapun untuk menjadi sebuah pembelajaran dalam menapaki ujian ini. Yakinlah dengan janji Allah “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. sekiranya ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik”.(QS Ali Imran : 110).

Pertanyaannya adalah APAKAH KITA SIAP MENJADI PEMENANG???? Jawabanya adalah kita harus SIAP. Karena kita diciptakan untuk menjadi seorang pemenang. Jangan lah kita iri melihat kesuksesan orang lain akan tetapi bagaimana caranya agar kita dapat menggapai kesuksesan itu. Allah sudah memberikan rezeki untuk kita tinggal kita mengambilnya dengan ikhtiar dan doa yang sungguh-sungguh. Dan ingatlah Allah akan memberikan ujian sesuai dengan kemampuan hambaNya. Semakin besar ujian artinya Allah percaya kita dapat mengatasi ujian tersebut.

Janganlah berputus asa, tetap berjuang dan SELAMAT MENJADI PEMENANG.

Ya Allah,
Engkaulah Maha Pemilik kemenangan
Berikanlah kemenangan kepada kami, kepada saudara-saudara kami di Palestina dan kepada saudara-saudara muslim di dunia

Ya Allah,
Ajari aku bagaimana memberi sebelum menuntut untuk Berfikir sebelum bicara, untuk tenang di kala gundah, untuk Diam ketika emosi, untuk selalu bersahaja di atas kebenaran karena Aku ingin selalu dapat bersyukur kepadaMu.

Ya Allah,
Wahai yang memudahkan segala yang sukar, Wahai yang menyambung segala yang patah, Wahai yang menemani semua yang tersendiri, Wahai pengaman segala yang takut, Wahai penguat segala yang lemah, Begitu Mudah bagimu memudahkan segala yang susah, Wahai yang tiada memerlukan penjelasan dan penafsiran, Hajat kami kepada-Mu amatlah banyak. Engkau Maha Tahu dan melihatnya

Ya Allah,
Letakanlah kebaikan pada tangan kami, ketegasan pada kedua kaki kami, kejujuran pada lidah kami, kelembutan pada hati kami dan jadikanlah kami sebagai pewaris-Mu dari hamba-hambaMu yang Sholeh.

Ya Allah, kami tahu Engkau punya hadiah untuk kami, sebuah cahaya untuk setiap kegelapan, sebuah rencana untuk setiap hari esok, sebuah solusi untuk semua permasalahan, semua kebahagiaan untuk setiap kesedihan, dan sebuah kedewasaan untuk setiap ujian Hidup.

Ya Allah,
Dengan segala kerendahan hati dan ke ikhlasan, hamba mohon kepada-Mu, bimbinglah hamba menuju Cahaya-Mu dan Cinta-Mu. Amin

Terima kasih Ya Allah………

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Nuffnang Ads